SINDROM RAYNAUD - WLTC
Headlines News :

SINDROM RAYNAUD


SINDROM RAYNAUD’S
oleh: Muhammad Wahid Muslim

A. APA ITU SINDROM RAYNAUD’S
Sindrom Raynaud’s adalah sebuah kondisi di mana pembuluh-pembuluh nadi terkecil yang membawa darah ke ujung-ujung jari tangan atau kaki terhambat (menyebabkan kejang urat - spasm) ketika terpapar kondisi dingin atau sebuah gangguan emosional. Merokok atau bekerja dengan mesin-mesin yang menyebabkan getaran (vibrasi) juga dapat menyebabkan Sindrom Raynaud’s. Pembuluh vena yang kecil biasanya terbuka, jadi darah mengalir keluar melalui kapiler-kapiler darah. Jika ada kejang urat (spasm) di pembuluh vena kecil darah terhambat di kapiler-kapiler darah,  Pada akhirnya ujung-ujung jari tangan atau kaki menjadi biru akibat darah kehilangan oksigen. Pada akhirnya ujung-ujung jari tangan atau kaki menjadi pucat, dingin, dan kaku. Sindrom Raynaud’s kadang-kadang disebut juga Fenomena Raynaud’s atau Penyakit Raynaud’s.
Orang-orang menyakini sebaiknya Sindrom Raynaud’s diperiksa oleh dokter untuk dipastikan diagnosisnya, dan jika diperlukan bisa mendapatkan perawatan. Sebagian besar orang hanya butuh merubah sedikit gaya hidupnya untuk mengatasi Sindrom Raynaud’s. Dalam beberapa kasus saat ini, vasodilators (pengobatan dengan relaksasi dan pelebaran pembuluh darah) mungkin dapat menjaga pembuluh darah menjadi terhambat. (http://www.americanheart.org/presenter.jhtml?identifier=4687).

B. SINDROM RAYNAUD’S – PENYEBAB – DIAGNOSIS – GEJALA – PERAWATAN
Sindrom Raynaud’s adalah sebuah kondisi yang berhubungan dengan arthritis yang mana ditemukan ketika pembuluh darah terhambat. Ujung-ujung jari tangan atau kaki adalah daerah-daerah yang biasanya terkena Sindrom Raynaud’s. Kemungkinan juga bisa terjadi pada daerah hidung, bibir, dan lubang telinga. Penurunan aliran darah dapat menyebabkan kesakitan dan ketidaknyamanan di area yang terkena dan discloration pada kulit. Bagi banyak orang, serangan ini biasanya disebabkan oleh keadaan dingin dan stress / emosi. Raynaud’s dapat ditemukan sebagai kondisi primer (utama) atau sekunder. Sebagai kondisi primer, Raynaud’s tidak berhubungan dengan penyakit lain dan sering disebut Penyakit Raynaud’s. Kondisi rematik (rheumatic) berhubungan dengan Raynaud’s sekunder meliputi :

·        Scleroderma
·        Lupus
·        Rheumatoid Arthritis
·        Sindrom Sjogren’s
·        Dermatomyositis
·        Polymyositis
·        Peny. Mixed Connective Tissue


Institusi Nasional Arthritis, Musculoskeletal, dan Kulit mengestimasi bahwa        5 – 10 % populasi Amerika Serikat terkena Fenomena Raynaud’s. (raynauds-syndrome-causes-diagnosis-symptoms-treatment.htm - 24k - Tembolok - Halaman sejenis).

C. FAKTA – FAKTA DINGIN TENTANG KEADAAN SERIUS TANGAN YANG DINGIN (THE COLD FACTS ABOUT SERIOUSLY COLD HANDS)
Tangan dan kaki yang dingin adalah sebuah kondisi yang biasa ditemukan, biasanya disebabkan oleh cuaca yang dingin, tidak menggunakan pakaian hangat yang cukup atau sirkulasi yang kurang. Pada banyak kasus, sepasang sarung tangan dan kaos kaki yang tebal akan membuat pasien merasa hangat kembali.
Tetapi pada bagian mana, kondisi tangan yang dingin menjadi sebuah tanda masalah yang lebih serius? Dr. Robert Spiera, Direktur Vaskulitis dan Skleroderma pada RS Spesial Pembedahan di New York menjelaskan Sindrom Raynaud’s merupakan keadaan yang biasa terjadi pada banyak kasus tentang tangan atau kaki yang dingin.

D. APA ITU SINDROM RAYNAUD’S
Sindrom Raynaud’s adalah sebuah kondisi di mana orang-orang mengalami kejang urat (spasm) pada pembuluh darah yang menuju tangan dan kaki. Kejang urat (spasm) ini sering terjadi akibat paparan dingin, tetapi juga dapat disebabkan oleh situasi stress. Sindrom Raynaud’s merupakan sesuatu yang biasa terjadi, terutama pada wanita muda. Beberapa estimasi mengatakan bahwa 10 % wanita mengalami Fenomena Raynaud’s.
E. APA GEJALA – GEJALA DARI RAYNAUD’S  
Gejala–gejala Raynaud’s antara lain, tangan dan kaki berubah warna. Kebanyakan tipe, pertama kali berubah menjadi warna putih, kemungkinan diikuti oleh sebuah tahap di mana tangan dapat menjadi sangat kebiru-biruan dan kemudian pada tahap akhir menjadi kemerah-merahan. Kondisi ini disebut “Tiga Warna Perancis” yang sesuai dengan perubahan warna pada Raynaud’s, yaitu : putih, biru, dan merah. Warna ini berubah karena perubahan aliran darah ke anggota badan. (warna putih disebabkan oleh kekurangan darah).

F. APA YANG KAMU CEMASKAN TENTANG SINDROM RAYNAUD’S JIKA KAMU SERING MENDAPATKAN KONDISI TANGAN YANG DINGIN
Gejala-gejala Raynaud’s dapat jatuh ke dalam sebuah spektrum dalam hubungan kegawatan (severity) penyakit. Ada orang-orang yang sensitif terhadap dingin dan tangan mereka menjadi putih pada cuaca yang dingin, hal ini merupakan respon fisik / tubuh yang normal. Tetapi ketika oiang-orang mempunyai Sindrom Raynaud’s, respon fisik / tubuh lebih cepat perubahannya, mereka dapat langsung melihat perubahan warna tersebut.

G. MENGAPA ORANG – ORANG DENGAN SINDROM RAYNAUD’S TANGAN DAN KAKINYA MENJADI DINGIN
Raynaud’s merupakan respon fisik yang normal. Jika beberapa bagian tubuh terpapar dingin, respon fisik yang normal terhadap tubuh seseorang untuk memelihara temperatur inti tubuh dan mencegah kehilangan panas pada anggota badan. Jadi tubuh akan menjaga pembuluh peripheral untuk mengalirkan darah menuju organ vital untuk memelihara panas. Tetapi pada orang-orang dengan Raynaud’s, respon yang normal ini di exaggerated. Sebagai contoh, frostbite tidak berhubungan dengan Raynaud’s, tetapi disebabkan oleh respon yang sama. 
H. APA YANG MENYEBABKAN FENOMENA RAYNAUD’S
Ada hubungan yang dekat antara Raynaud’s dengan Fenomena Raynaud’s, tetapi gejala-gejala Raynaud’s biasanya menunjukkan beberapa penyakit lain. Ada beberapa autoimun atau penyakit yang berhubungan dengan jaringan disebabkan oleh Raynaud’s. Sebagai contoh, Raynaud’s ditemukan di dalam hampir setiap bagian tubuh dengan scleroderma (sebuah penyakit kronik yang berhubungan dengan jaringan). Jadi, saat beberapa orang hanya mempunyai Raynaud’s saja dengan gejala-gejala yang ringan ketika mereka berada pada kondisi yang sangat dingin. Orang-orang dengan scleroderma, Raynaud’s dapat juga menyebabkan cedera pada ujung-ujung jari tangan mereka akibat kekurangan aliran darah. Hal ini akan menyebabkan kekurangan suplai darah yang pada akhirnya mereka akan mendapatkan ulserasi pada ujung-ujung jari atau autoamputasi (pelepasan) ujung-ujung jari. Pada pasien seperti ini, dengan scleroderma dan Raynaud’s, perubahan pembuluh darah dapat dilihat, hal ini akan mempertebal pembuluh darah di mana akan menyebabkan kehilangan beberapa ruang untuk aliran darah.

I. BAGAIMANA RAYNAUD’S DIDIAGNOSIS
Raynaud’s sesungguhnya sebuah deskripsi klinik. Jalan untuk mendiagnosis Raynaud’s dengan mendapatkan sejarah penyakit yang bagus dari pasien dan bertanya kepada pasien untuk menggambarkan apa yang terjadi pada tangan mereka. Jika pasien berkata, “Dokter, pada paparan udara yang dingin atau selama kondisi stress, tangan saya menjadi putih dan mungkin menjadi kebiru-biruan.” Jawaban ini jelas memberikan gambaran kepada dokter untuk mendiagnosis bahwa hal tersebut adalah Raynaud’s.

J. Penyakit apa saja yang berhubungan dengan fenomena raynaud’s
Kita menemukan pasien-pasien dengan penyakit autoimun mempunyai frekuensai yang lebih besar terkena Raynaud’s dibandingkan populasi secara umum. Scleroderma mempunyai hubungan yang kuat. Dalam Sindrom Fosfolipid, seseorang yang mempunyai protein dalam darah juga disebut Raynaud’s. Kita juga dapat melihat Raynaud’s pada pasien lupus.

K. PERAWATAN YANG DILAKUKAN TERDIRI DARI APA
Memelihara temperatur panas tubuh sangat penting. Ada juga pengobatan yang kadang-kadang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai Raynaud’s yang sangat buruk. Satu kelompok obat-obatan yang digunakan disebut ‘Calcium Channel Blockers,’ seperti Procardia (Nifedipine) atau Norvasc (Amlodipine) dan biasanya digunakan sebagai obat-obatan tekanan darah tinggi. Untuk Raynaud’s, obat-obatan ini memperluas pembuluh darah dan sirkulasi darah. Hal ini sangat penting sebagai catatan bahwa obat-obat tersebut tidak mengeliminasi Raynaud’s secara keseluruhan. Obat-obatan tersebut akan menurunkan frekuensi dan kegawatan serangan. Menghentikan merokok juga sangat penting untuk dilakukan oleh penderita Raynaud’s. Merokok dapat menyebabkan kejang urat (spasm) pada pembuluh darah. (http://www.dentalplans.com/Dental-Health-Articles/The-Cold-Facts-About-Seriously-Cold-Hands.asp).




Muhammad Wahid Muslim was graduated from Health Safety and Environment (HSE) at State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta in year 2012. He is also interested in Web-Design, Photography, Computer Security, Publich Health, and Islamic Values. This site was built by him for "Communicative, Informative, Educative, Attractive" educational only.

Visit My Site | Follow On Twitter | Find In Facebook

Share this article :
Untuk menggunakan emoticon, tulis kode disamping gambar saat berkomentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :n: :o: :p: :p: :p:
4 Comments
Tweets
Fb Comments

4 comments :

 

Join us on Facebook

Please wait..10 Seconds Cancel
Support : | |

WLTC