Konfigurasi internet pada receiver parabola berbasis ethernet tanpa menggunakan router ( Getmecom HD Ethernet Transformer ) - WLTC
Headlines News :
Home » » Konfigurasi internet pada receiver parabola berbasis ethernet tanpa menggunakan router ( Getmecom HD Ethernet Transformer )

Konfigurasi internet pada receiver parabola berbasis ethernet tanpa menggunakan router ( Getmecom HD Ethernet Transformer )


Salam Rekan Persatelitan. Kali ini saya akan membuat tutor konfigurasi internet pada receiver berbasis Ethernet Tanpa Menggunakan Router. Pada prinsipnya, Router itu seper switch yang digunakan untuk membagi koneksi internet pada 2 komputer lebih. Jadi, kalau hanya computer dan receiver itu masih terhitung 2 device. Kalo lebih dari 2 baru menggunakan router.

Tehnik yang akan saya ulas kali ini juga bisa dipakai untuk membagi koneksi internet ke teman sobat, dimana ada 2 device computer, yang satu Online dan yang satu tidak terkoneksi internet ( offline ). Jadi gak perlu berebut internet ya …. Cukup dikasih aja ke dia dengan tehnik ini.
Oke, langsung ke Peralatan yang dibutuhkan :
  1. Kabel Lan ( familiar kalau yang sering main game antar 2 komputer atau lebih. hehehe )
  2.  Komputer/ Laptop ( dalam kasus saya Laptop Acer Aspire 4740G )
  3. Receiver berbasis Ethernet ( dalam kasus saya “ Getmecom HD Ethernet Transformer “
  4. Modem ( dalam kasus saya pakai Modem Ceria )

Pertama:
Buka control panel -> View network status and tasks -> Change adapter settings -> “klik kanan pada driver modem anda (tentunya sudah connected ya/ tersambung” . dalam kasus saya klik kanan pada USBDATACARD pilih-> Properties
Pilih tab Sharing -> centang yang saya beri tanda warna kuning.
Kalau muncul peringatan seperti ini:

Solusi: dalam tab sharing, pilih dropdown pilihan Home networking connection: lalu dalam kasus saya saya pilih “Local Area Connection 4” lihat pada gambar pertama. Kalau di computer kalian, itu driver kable Lan. Lihat di gambar, saya pakai driver Broadcam Netlink buat Lan saya. Kalau di tempat kalian tidak ada, ya.. install dulu driver nya….
Setelah dipilih, lalu klik Oke, dan klik saja Oke kalau ada peringatan – peringatan, contoh seperti ini:


Itu tandanya nanti IP kita akan diset seperti tanda kuning itu. Tapi, IP Addres kita buat sendiri. Jangan ikutin itu ( Biar gampang… hehe)
Langkah Kedua :
Saya klik kanan pada Local Area Connection 4 -> Properties -> di tab Networking, pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” -> klik Properties dan masukkan angka angka ini Lalu klik OK dan Close:


Langkah Ketiga:
Pilih menu di receiver kalian yang berbasis Ethernet ( dalam kasus saya Getmecom HD Ethernet transformer ) -> Pengaturan Jaringan -> Pengaturan Jaringan lagi -> DHCP dibuat Mati, dan masukkan angka seperti gambar berikut:


Dan akhirnya.. Youtubenya bisa Cilukbaaa…
Hehehe …


Oke rekan persatelitan. Sekian dulu. Trimakasih sudah membaca. Jangan lupa komentar disini kalau tidak tau, bersaran, bertanya. Akan saya bantu.
untuk update informasi terbaru:

Follow me on Facebook: http://www.facebook.com/wahid.el.moslem
atau
fans page WLTC: http://www.facebook.com/pages/Wahed-Labs-Technologies-Center/289198112233 ( jangan lupa like nya, hehe.. )

thanks all, buat kontribusinya.

Warm Regard, 
by: Muhammad Wahid Muslim, SKM
WLTC | Wahed Labs Technologies Center -


Muhammad Wahid Muslim was graduated from Health Safety and Environment (HSE) at State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta in year 2012. He is also interested in Web-Design, Photography, Computer Security, Publich Health, and Islamic Values. This site was built by him for "Communicative, Informative, Educative, Attractive" educational only.

Visit My Site | Follow On Twitter | Find In Facebook

Share this article :
Untuk menggunakan emoticon, tulis kode disamping gambar saat berkomentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :n: :o: :p: :p: :p:
17 Comments
Tweets
Fb Comments

17 comments :

  1. bro klo mdem u/ router mdem usb ya? Bkan mdem utk speedy? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.. maksudnya gimana ya >> kurang rinci penjelasannya ..

      :l:

      Delete
  2. mantab infonya... :n:

    ReplyDelete
  3. min. klo pke receiver MHDE NEW gmn? bisa gx pke trik ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa. asalkan receivernya ada ethernet nya, semua bisa. saya lihat di gambar, ada tuh colokan LAN di belakang. selamat melanjutkan :a:

      Delete
  4. itu sih Sharing Inet via Kabel Lan. but, artikelnya ngga diterangkan pake LAN Tipe Cross apa Straight..klo straight menggunakan Hub atau Switch port..trus selama tv tayang..kasihan Komputernya harus ON juga.

    ReplyDelete
  5. info yang bermanfat....
    saya udah hampir 4 bln menggunakan metode yang seperti ini..
    tapi ada kendalanya..
    kalo pake komputer atau laptop beban listrik jadi tambah bengkak perbulannya,,,
    hehehehh....
    salam forsat

    https://www.facebook.com/eman.hermans?ref=tn_tnmn

    ReplyDelete
  6. nice info mas bro... tar dipraktekin...

    ReplyDelete
  7. Gan klo pke receiver DVB-T2 GETMECOM bisa ga ya ?

    ReplyDelete
  8. gan bagaimana kalau share internet via lan yang menggunakan proxifier+ssh, lw yg sperti agan jlaskan udh mantap 100% work..tp lw di pcnya pake proxifier+ssh mlah g bisa konek internet reciver MSVHDEnya..tolong solusinya gan...thx..

    ReplyDelete
  9. modem prolink menggunakan TELKOMSEL support gak ma GETMECOM

    ReplyDelete
  10. Kalau Pake Receiver Matrix Lemon bisa apa ngga di daerah yang belum ada signal telkomsel dan juga modem yang saya pakai adalah modem wifi telkomsel?Mohon Penjelasannya. Thanks

    ReplyDelete
  11. mau tanya gan, kalo pake wifi pengaturannya gimana?
    kebetulan saya punya receiver getmecom hd 5 tanpa LAN + gongel wifi 802.11n
    di pengaturan wifi manager signal muncul 90% tapi tidak bisa connex, selalu ada tulisan run time eror.

    ReplyDelete
  12. receiverku merk , bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  13. Copy Paste jd gak rinci jelas nya

    ReplyDelete
  14. gan sy ada hostpot wifi dan receiver hdnet....bagaimana receiver saya tekoneksi ke wifi soalnya kabel nya terlalu jauh kalau pake LAN.jenis receiver vivasat support cccam powervu dsb....

    ReplyDelete

 

Join us on Facebook

Please wait..10 Seconds Cancel
Support : | |

WLTC