Situs-Situs Beasiswa - WLTC
Headlines News :
Home » » Situs-Situs Beasiswa

Situs-Situs Beasiswa

Situs-Situs Beasiswa






Oleh: Muhammad Wahid Muslim


". . .Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri . . . " (QS. Ar-Ra’du:11)

Mau sekolah gratis? Di bawah ini ada situs yang menawarkan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa. memang, pada prakteknya sulit untuk mendapatkan beasiswa. Namun, tak menutup kemungkinan untuk berhasil, karena beberapa situs memang merupakan yayasan yang mengkhususkan diri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Beberapa diantaranya, ada yang bekerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta. dan biasanya, program-program ini adalah beasiswa untuk S2.

Untuk beasiswa dalam negeri, biasanya hanya beasiswa pendidikan saja. Tetapi, beasiswa luar negeri bukan hanya pendidikan saja, tetapi juga sudah termasuk dengan living cost disana. Tetapi, sebagai sebuah pengalaman saja. Alhamdulillah, dari sekian beasiswa yang ditawarkan, saya berhasil mendapatkan sebuah kesempatan untuk mendapatkan beasiswa program santri berprestasi dari Departemen Agama, yang mana tidak hanya beasiswa berupa pendidikan saja, tetapi juga living cost. Pihak DEPAG (Departemen agama) ini memberi kesempatan kepada santri seluruh indonesia untuk meneruskan pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi negeri di Indonesia seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Walisongo, IAIN Sunan Ampel, UGM, IPB, ITB, dan UNAIR. Pihak DEPAG yang bekerja sama dengan universitas mencakup berbagai macam fakultas dan jurusan. Tentunya, ini tidak boleh disiakan dan saya berhasil mendapatkan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan, Jurusan Kesehatan Masyarakat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Beasiswa DEPAG ini untuk program S1 hingga akhir (wisuda) dengan sebuah syarat yaitu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh ke Pondok Pesantren yang diamanahkan DEPAG di seluruh Indonesia selama 3 th, atau mengabdikan di pondok sendiri.

"Kenapa saya berhasil mendapatkannya. Karena, saya memulai langkah utama untuk keberhasilan adalah ikhtiar, baru berdoa. Gunakan ini sebagai langkah pertama yang menjadi bagian terpenting dari sebuah perjalanan. Dan yakinilah bahwa perubahan besar dapat dicapai, sama cepatnya dengan pencapaian sebuah perubahan kecil. Ada orang yang menggunakan pengalaman kegagalan , baik dari dirinya dan dari pengalaman orang lain, untuk menyakini dirinya sendiri bahwa keberhasilan itu tidak mungkin baginya. Kegagalan adalah tanda akan adanya jaminan keberhasilan. Dan ... iman adalah nama dari keyakinan-nya. Maka sadarilah, Anda dibedakan dari orang biasa dari cara Anda menyikapi kegagalan.Untuk mencapai keberhasilan, kita membutuhkan lebih dari sekedar niat baik dan cita-cita yang tinggi. Kita harus menindak-lanjuti niat baik dan cita-cita kita dengan kerja keras. Itu berarti bahwa semakin cepat Anda memulai, semakin keras Anda bekerja, dan semakin penting nilai dari yang Anda selesaikan bagi orang lain – semakin cepat juga Anda mencapai kepantasan untuk hidup dalam kualitas yang Anda idamkanKarena, harapan baik pada pribadi penuh syukur yang sedang bekerja keras adalah kekuatan pengubah rencana langit. Beranikanlah diri Anda untuk melakukan yang dapat Anda lakukan. Dan yakinilah bahwa keajaiban – mudah datang kepada Anda – bila Anda berani.

Berikut adalah situs-situsnya:

1. ADS (Australian Development Scholarship)
http://www.adsjakarta.or.id/
Beasiswa ini untuk program S1 dan S2 di Australia, termasuk beasiswa living cost disana. Sebelum pemberangkatan, ada pelatihan bahasa Inggris terlebih dahulu.

2. Akademia
http://www.akademianet.com/
Situs ini merupakan situs informasi untuk mahasiswa yang juga menawarkan beasiswa dari yayasan atau organisasi terkenal.

3. Asia Pasific Bride


http://www.asiapasivic.uvic.ca/schind.htm

4. Fast Aid
http://www.fastaid.com

5. Fast Web
http://fastweb.com/

6. Free Scholarships
http://www.freescholarships.com

7. Fullbright
http://www.usembassyjakarta.org/aminef
beasiswa ini diprioritaskan pada siswa-siswa yang memiliki prestasi di bidang-bidang seperti: Musik, Olahraga, Melukis, dll.

8. GN OTA
http://www.gn-ota.or.id/

9. Habibie center
http://www.habibie.net/
Persyaratan beasiswa yang ditawarkan cukup jelas dan ada juga beasiswa untuk kerja.

10. IIEF (Indonesia International Education Foundation)
Langsung email ke:
- ifp@iief.or.id
- 11ef@indo.net.id
Beasiswa diprioritaskan untuk masyarakat yang kurang memiliki kesempatan untuk sekolah tinggi, antara lain: Penduduk dari daerah terpencil, Masyarakat terpinggirkan, dll

11. Info Kampus
http://www.infokampus.com/


12. Informasi Beasiswa Luar negeri
http://www.dikti.org/beasiswa

13. International Scholarships
http://www.iefa.org/

14. International student
http://www.internationalstudent.com/scholarship/index.html

15. IPTEK
http://www.iptek.net.id/ind/beasiswa/prog_beasiswa/index1.html

16. Isnet scholarships
http://www.beasiswa.isnet.org/
Beasiswa ini untuk orang miskin dan yatim piatu.

17. Kamalindo
http://www.kamalindo.com/
Situs ini memberi informasi secara khusus tentang sekolah di Jepang. Informasi yang diberikan sangat lengkap. Mulai dari pengenalan budaya hingga tulisan pengalaman mantan siswa/mahasiswa Indonesia yang pernah sekolah di Jepang.

18. Katgama
http://www.katgama.org/

19. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia
http://www.mspi.or.id/keg/beasiswa/

20. pendidikan
http://www.pendidikan.net/
Walau tampilannya kurang menarik, situs ini sangat lengkap. Mulai dari Japan Airlines, Pemerintahan Singapura, Pemerintahan Rusia, Ford Foundation, Panasonick, dll. Sayangnya, beberapa informasi mengenai beasiswa yang diberikan tidak di update

21. PELKAM
http://www.pelkam.ubaya.ac.id/

22. Satu kampus
http://www.satukampus.com/beasiswa.htm

22.Scholarships
http://www.scholarships.com/

22. Stichting Witteveen Dekker Indonesian Scholarships Foundation
http://www.wdisf.cib.net/

23. Universitas Indonesia
http://www.ui.ac.id/beasiswa.htm


24. World Bank
http://www.worldbank.org/wbi/scholarships/home.html

25. the Scholarships Club
berisi situs-situs beasiswa yang paling lengkap.

26. Beasiswa Dikti Misi tahun 2010
http://kelembagaan.dikti.go.id/index.php/component/content/article/43-berita/388-bidik-misi

Sekian dulu. Nanti, situs-situs ini akan saya update. Semoga Sukses, dan jangan lupa untuk punya upaya berupa kesungguhan dan berdoa. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 186:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”




Muhammad Wahid Muslim was graduated from Health Safety and Environment (HSE) at State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta in year 2012. He is also interested in Web-Design, Photography, Computer Security, Publich Health, and Islamic Values. This site was built by him for "Communicative, Informative, Educative, Attractive" educational only.

Visit My Site | Follow On Twitter | Find In Facebook

Share this article :
Untuk menggunakan emoticon, tulis kode disamping gambar saat berkomentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :n: :o: :p: :p: :p:
1 Comments
Tweets
Fb Comments

1 comment :

  1. whoah this blog is magnificent i really like
    studying your articles. Keep up the good work! You recognize, lots of
    individuals are looking round for this info, you can aid
    them greatly.

    My page; goji actives (http://www.Starhotelamsterdam.com)

    ReplyDelete

 

Join us on Facebook

Please wait..10 Seconds Cancel
Support : | |

WLTC