Recovery Limbah Ceceran Urea / Urea Sweeping - WLTC
Headlines News :
Home » » Recovery Limbah Ceceran Urea / Urea Sweeping

Recovery Limbah Ceceran Urea / Urea Sweeping


Ceceran Urea adalah Urea dalam bentuk butiran , kristal , debu yang berasal dari peralatan proses produksi di Pabrik Urea dan di Unit Pengantongan & Pemuatan.  Urea jenis ini disebut juga urea non standar dan diklasifikasikan sebagai limbah.

Tempat-tempat yang sering dijumpai terdapat ceceran urea, yaitu ; Pabrik urea ( di bawah conveyor menuju area pengantongan ) serta area pengantongan dan pemuatan ( area loading truck, dust colector, reclaimer, ruang bagging machine, bulk handling, bin, lantai gudang).

Ceceran urea dalam bentuk butiran masih mempunyai nilai ekonomis meskipun harganya jauh lebih murah dibandingkan urea standar.  Untuk jenis kristal atau debu meskipun masih ada yang menyukainya, namun hampir tidak mempunyai nilai.  Bahkan debu urea sangat berpotensi mencemari lingkungan pada saat melakukan ‘house keeping’  terbawa oleh air dan mengalir ke parit-parit yang ada di area pabrik .

Jumlah ceceran urea setiap bulannya dapat mencapai rata-rata 100 ton.  Supaya mempunyai nilai tambah dan tidak mencemari lingkungan, maka kini ceceran urea tersebut di kembalikan ke dalam proses ( recovery ) melalui sedikit modifikasi untuk dijadikan urea bentuk standar sehingga dapat memperkecil jumlah produksi urea yang hilang.

Proses Recovery Ceceran Urea

Adapun proses ceceran urea dapat saya gambarkan sebagai berikut:




by: Muhammad Wahid Muslim, SKM
WLTC | Wahed Labs Technologies Center -


Studi Kasus: Laporan Magang Saya di PT Pupuk Kujang Cikampek, tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Fase Padat dan Cair.

Muhammad Wahid Muslim was graduated from Health Safety and Environment (HSE) at State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta in year 2012. He is also interested in Web-Design, Photography, Computer Security, Publich Health, and Islamic Values. This site was built by him for "Communicative, Informative, Educative, Attractive" educational only.

Visit My Site | Follow On Twitter | Find In Facebook

Share this article :
Untuk menggunakan emoticon, tulis kode disamping gambar saat berkomentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :n: :o: :p: :p: :p:
0 Comments
Tweets
Fb Comments

0 comments :

 

Join us on Facebook

Please wait..10 Seconds Cancel
Support : | |

WLTC